Minggu, 12 Juni 2011

katedral


Gereja katedral tempat smua umat agama kristiani beribadah.letaknya di Jakarta bangunannya yang seperti  bngunan yamg agak kebarat-baratan itu menjadi wahana yang sngat menarik buat di kunjungi.banyak warga Jakarta yg menjadikan gereja katedral sebuah tempat wisata karna bngunannya yang klasik,dan elegan.

Katerdal adalah gereja yang digunakan beribadat oleh umat Kristiani. Mungkin banyak yang setuju dengan saya bahwa arsitektur kebanyakan gereja katerdal sangat indah, mungkin karena sebagian besar gereja katerdal yang ada di Indonesia adalah peninggalan zaman penjajahan yang akhirnya memberikan arsitektur Eropa yang sudah terkenal keindahannya. Banyak sekali gereja katerdal peninggalan zaman penjajahan yang ada di Indonesia, jumlah pastinya saya kurang tahu tapi saya yakin di tiap provinsi pasti ada gereja katerdal.
 

Sistem pembangunan gereja ini mengacu pada arsitektur Barat, hal ini bias dilihat dari teritis atap yang kecil, jendela yang lebar dan tinggi, hiasan kaca patri yang indah sehingga suasana khas Eropa sangat terasa dalam gereja ini. Pada bagian barat gereja terdapat jendela Rosetta yang dibuat dari kaca patri yang indah. Hiasan dinding berupa lukisan keramik karya Th Molkeboer yang dikerjakan di Belanda dan ditambahkan pada tahun 1911 dan gayanya sudah mendekati gaya Jugendstil/Amsterdamsche School yang lebih modern. Sebenarnya konstruksi Katedral terdiri dari dinding batu bata tebal yang kemudian diplester dan diberi pola seperti susunan batu alam. Kuda-kuda kayu jati terbentang lebar, dikerjakan tukang-tukang Kwongfu. Gereja ini sempat dicat dengan warna putih dan setelah melalui beberapa kali pemugaran akhirnya dicat warna semen sehingga lebih terkesan alami. Gereja Katerdal ini dilindungi hukum, dan merupakan cagar budaya dan penanda penting dalam tatanan Kota Jakarta. Tidaklah heran gedung Gereja Katedral ini memiliki karismanya tersendiri, dan merupakan simbol yang tidak dapat dipisahkan dari kerukunan antar-agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar